Langsung ke konten utama

Cloud Computing

 Apa pengertian cloud computing itu? Apakah anda sudah mengetahuinya? Cloud computing atau dalam bahasa Indonesia komputasi awan merupakan gabungan pemanfaatan dari komputasi dan awan. Komputasi disini maksudnya adalah teknologi komputer dan awan adalah teknologi jaringan berbasis internet.

Jadi, adanya cloud computing mampu membuat anda bisa mengakses suatu aplikasi tanpa perlu mengisntallnya.  Media penyimpanan yang digunakan aplikasi tersebut adalah server cloud sehingga anda tidak perlu khawatir jika sewaktu-waktu komputer rusak. Aplikasi bisa diakses dimanapun tanpa perlu komputer yang sama.

pengertian cloud computing
Pengertian Cloud Computing Manfaat dan Cara Kerjanya

Apa Itu Cloud Computing?

Cloud computing adalah suatu kombinasi dalam pengembangan teknologi dan pemanfaatan teknologi yang berbasis internet. Cloud yang berarti awan sedangkan computing yang berarti komputasi memudahkan kita untuk menyimpan data pada sebuah software. 

Agar lebih paham, langsung saja pada contohnya. Contohnya yaitu pada gmail ataupun yahoo. Untuk bisa mengakses gmail ataupun yahoo anda tidak perlu mendownload aplikasi. Anda bisa mengaksesnya asal ada koneksi internet. Setelah terkoneksi internet, anda bisa mengakses semua data yang sebelumnya telah tersimpan di server cloud.

Semisal komputer atau gadget yang anda gunakan untuk membuka gmail atau yahoo mengalami kerusakan, maka anda tidak perlu khawatir karena datanya masih aman, tersimpan di cloud. Bagaimana? Sudah paham definisinya? Jika belum lanjut simak penjelasan di bawah ini.

Cara Kerja Cloud Computing

Sekarang akan kita bahas tentang cara kerjanya agar anda lebih paham lagi. Jadi anda bisa bayangkan ada awan khusus yang digunakan untuk penyimpanan suatu data. Nah komputasi awan itu tidak terikat dengan komputer ataupun gadget yang anda gunakan. Namun anda bisa mengaksesnya jika anda terhubung dengan internet.

Jadi akan ada server yang terus menerus bekerja secara online di jaringan internet.  Di server tersebut lah, semua data anda akan disimpan. Anda bisa mengaksesnya sewaktu-waktu asal anda terhubung dengan internet. Melihat dari pengertian cloud di atas, anda tentu sudah paham maksud dari penjelasan ini bukan?

Jika belum paham, penjelasannya akan mengacu pada contoh berikut. Contohnya adalah penggunaan email pada gmai. Anda bisa mengakses gmail asala sudah terdaftar. Saat anda mendaftar ataupun login, maka aktivitas anda pada gmail akan dikirim ke server melalui jaringan internet. Nanti server akan memberikan respon lalu mengirim hasilnya pada anda.

Jadi setelah login, server merespon dengan memberikan informasi tentang email akun anda. Apapun yang anda klik atau lakukan langsung direspon server. Data yang anda simpan atau terima juga bisa anda lihat ataupun anda unduh. Jika anda log out, anda masih bisa mengakses data tersebut saat nanti login kembali.

Sudah paham kan? Jadi intinya cloud computing ialah seperti media penyimpanan dan media pengolahan data yang terdapat di internet, yang mana bisa anda akses atau lihat kapan saja dan dimana saja.

Kelebihan Cloud Computing

Setelah mengetahui pengertian dan cara kerjanya, kini akan dibahas tentang kelebihan menggunakan komputasi awan tersebut. Memang apa saja kelebihannya? Berikut penjelasannya.

Efisiensi penggunaan media penyimpanan

Adanya cloud membuat para pengguna tidak memerlukan media penyimpanan. Anda tidak perlu memikirkan apakah media penyimpanan anda cukup ataukah tidak karena semua data anda nanti akan tersimpan dalam cloud . Aplikasi atau software yang menggunakan cloud juga tidak perlu diinstall di komputer sehingga sangat menghemat penyimpanan anda.

Permisalan mudahnya yaitu pada aplikasi edit data seperti microsoft word ataupun microsoft excel. Jika di komputer anda perlu menginstall software microsoft office yang tentunya memerlukan media penyimpanan. Data yang anda olah menggunakan microsoft office tersebut nantinya juga perlu media penyimpanan.

Berbeda jika menggunakan komputasi awan. Saat menggunakan aplikasi seperti microsoft word atau excel online, anda tidak perlu menginstallnya. Anda langsung bisa menggunakannya asal terhubung di internet. Hasil  pekerjaan ataupun pengolahan data anda pun akan disimpan di cloud sehingga tidak memerlukan media penyimpanan lebih lanjut.

Keamanan data

Kelebihan selanjutnya anda pasti sudah tahu bahwa data anda akan di simpan di suatu server terpusat. Nah server cloud akan menjamin kemanan data anda. Tidak ada orang yang bisa mengakses data anda tanpa seijin anda.

Fleksibilitas

Server cloud merupakan server berbasis jaringan internet sehingga anda bisa mengaksesnya kapan saja dan dimana saja asal anda terkoneksi dengan internet.  Dengan begitu anda menjadi lebih fleksible. Anda tidak perlu membawa komputer atau laptop anda kemana-mana karena data anda tersimpan di internet sehingga bisa diakses lewat komputer manapun.

Skalabilitas

Penyimpanan data di server cloud bisa anda tambah ataupun kurangi menurut keinginan anda. Anda tinggal memilih fitur yang disediakan. Di beberapa aplikasi menyediakan memori penyimpanan dalam berbagai pilihan. Anda bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan anda. Dengan begitu anda tidak perlu media penyimpanan tambahan seperti harddisk. Anda bisa menyimpannya sesuka hati anda di internet.

Menghemat biaya

Penghematan biaya disini bisa dilihat dari penggunaan media penyimpanan. Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli harddisk atau penyimpanan lainnya. Biaya lisensi atau royalti sooftware juga lebih hemat karena semuanya telah berjalan lewat cloud.

Kekurangan Cloud Computing

Ada kelebihan, ada pula kekurangan. Setelah membaca definisi cloud diatas, anda tentunya tahu apa kekurangan yang dimaksud. Ya kekurangannya terletak pada cara penggunaannya, biaya yang dikeluarkan, keamanan, dan lain sebagainya. Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

Keamanan data

Selain masuk ke kelebihan, keamanan data juga masuk ke kekurangan. Hal ini disebabkan karena tidak semua server cloud melakukan perlindungan yang tidak bisa ditembus. Ada beberapa server yang memang mudah dibobol atau ditembus oleh hacker. Data anda di server tentu menjadi tidak aman karena hacker bisa saja mengubah, menghapus, ataupun mencuri data anda.

Jadi disarankan untuk tidak menyimpan data penting di server yang tidak besar dan tidak terkenal. Data penting sebaiknya disimpan di komputer pribadi anda. Jikalau anda mendapat kiriman data penting via online, pastikan mengirim lewat aplikasi yang besar dan terpercaya seperti gmail. Aplikasi yang besar tentu memiliki perlindungan yang berlapis sehingga akan susah ditembus hacker.

Biaya yang dikeluarkan

Pengertian cloud computing tentu membuat anda paham apa maksud poin ini. Ya, pada poin kelebihan memang dituliskan bahwa penggunaan cloud dapat menghemat biaya. Namun di kekurangan juga disebutkan karena tidak semua server cloud menawarkan harga yang murah. Memang ada server yang menawarkan penyimpanan gratis tapi tentu saja memorinya terbatas.

Jika ingin memori yang lebih besar, pengguna biasanya akan ditawari server cloud yang berbayar tiap bulannya atau tiap tahunnya. Hal tersebut tentu tidak menjadi masalah berarti jika harganya lebih murah dari harga media penyimpanan fisik seperti harddisk. Namun masalahnya adalah kebanyakan harga server cloud lebih mahal.

Memerlukan koneksi internet

Kekurangan selanjutnya adalah perlunya koneksi internet saat ingin mengakses data yang disimpan di server cloud. Apabila anda berada di kawasan yang mudah mengakses internet, maka hal satu ini tidak menjadi masalah. Namun sayangnya tidak semua wilayah itu bisa digunakan untuk mengakses internet.

Tidak hanya itu, jika data yang disimpan di server cloud besar maka kuota data internet yang dihabiskan juga akan semakin besar. Jika hanya sekali dua kali maka tidak akan terlalu bermasalah. Sayangnya data penting biasanya diakses berkali kali sehingga bisa dikatakan hal tersebut boros kuota internet.

Server down

Dari definisi cloud anda bisa mengetahui bahwa banyak data yang disimpan di server tersebut.  Nah jika banyak orang yang mengakses dalam waktu bersamaan maka bisa dipastikan server akan down. Saat server down, pengguna pasti akan mengalami kesulitan dalam mengakses data yang disimpan.

Selain karena banyaknya orang yang mengakses di satu waktu, server down juga bisa dikarenakan jaringan internet pada komputer server yang sedang tidak stabil. Saat jaringan internet tidak stabil, para pengguna akan kesulitan mengakses server tersebut.

Rawan penyusup

Kekurangan kelima ini hampir sama dengan yang pertama. Jadi jika pihak administrator server tidak memberikan perlindungan yang berlapis maka penyusup mudah mengakses data yang anda simpan. Hal satu ini tentu sangat merugikan. Selain data anda bisa diotak atik penyusup, data diri atau privasi anda juga tidak aman.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Masalah Kebudayaan

Hingga saat ini, boleh dikatakan bahwa Massyarakat belum punya konsep kebudayaan yang matang dan utuh berkaitan dengan Indonesia dan ke-Indonesiaan.          Kebudayaan menjadi sesuatu yang agak asing dalam kajian Massyarakat saat ini. Hal itu disebabkan, secara sederhana, kebudayaan hanya dikenali dalam wujud lagu, tarian, adat istiadat dalam pernikahan atau kepercayaan terhadap takhayul. Secara umum, kebudayaan adalah hasil cipta, rasa, dan karsa manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Kebudayaan itu berarti mencakup seluruh aspek di dalam kehidupan manusia, hasil berfikir untuk memahami sekelilingnya dan memenuhi kebutuhannya, baik lahir maupun batin. Kebudayaan adalah nilai-nilai yang perlu terus menerus diwariskan dan dijaga dari generasi ke generasi agar manusia tak kehilangan akar dirinya. Persoalan mengenai kebudayaan Indonesia sebetulnya menarik dan penting untuk dibahas. Ini sangat berkaitan dengan jati diri dan kekukuhan kita dalam menghadapi berbagai tantangan.

Perbedaan Beserta Kekurangan dan Kelebihan Dari Metode-Metode Perancangan Sistem Informasi

  Setiap metodologi berusaha untuk memastikan bahwa software yang dikembangkan sesuai dengan requirement yang dibutuhkan. Setiap metode yang ada memiliki value proposition sendiri dan kelebihan serta kekurangannya masing-masing. Model Waterfall Waterfall adalah metode paling tua dalam pengembangan software. Secara substansi ia mensimplifikasi proses software engineering ke dalam diagram proses yang linear dimana penyelesaian dari task sebelumnya sangat penting bagi pengembang untuk bisa mengerjakan pekerjaan yang lain. a.         Keunggulan -   Mudah dimengerti, sehingga baik digunakan oleh pemula -    Mudah untuk di-manage karena setiap fase memiliki deliverables nya masing-masing dan proses review -    Cepat untuk diimplementasi untuk proyek dengan skala kecil dimana requirement dapat dimengerti dengan baik -    Desain yang sederhana membuatnya mudah untuk di testing dan dianalisis   b.        Kelemahan -   Metode ini hanya cocok untuk proyek dengan requirement yang sudah sangat jela

Pemahaman tentang vrius dan cara mengatasi.

Hy.. guyz…. Mungkin loe loe pada udah tau bahwa gangguan pada komputer nga aja disebabkan oleh kerusakan atau kesalahan teknis pada hardware ataupun pada software. Mungkin Loe loe pada udah tau dengan yang namanya Virus.. :D :D Mungkin sebaiknya kita mulai aja membahasnya…. Okeyy Asal Mula Virus Pertama kali istilah “virus” digunakan oleh Fred Cohen pada tahun 1984 di Amerika Serikat. Virus komputer dinamakan “virus” karena memiliki beberapa persamaan mendasar dengan virus pada istilah kedokteran (biological viruses). Virus komputer bisa diartikan sebagai suatu program komputer biasa. Tetapi memiliki perbedaan yang mendasar dengan program-program lainnya,yaitu virus dibuat untuk menulari program-program lainnya, mengubah, memanipulasinya bahkan sampai merusaknya. Ada yang perlu dicatat disini, virus hanya akan menulari apabila program pemicu atau program yang telah terinfeksi tadi dieksekusi, disinilah perbedaannya dengan “worm”. Mungkin kita tidak akan membahas tentang worm, karena da