Langsung ke konten utama

Menjelaskan terkait konsep ITSM, layanan-layanan ITSM, Siklus hidup layanan (Proses, Fungsi dan Peran) pada ITSM


Menjelaskan terkait konsep ITSM, layanan-layanan ITSM, Siklus hidup layanan (Proses, Fungsi dan Peran) pada ITSM

    IT Service Management (ITSM)

Adalah suatu metode pengolahan aktivasi tekologi informasi yang fokus memberi layanan prima kepada para pengguna atau pelayan nya. Tujuan utama ITSM adalah menyelaraskan layanan IT dengan pengguna, memperbaiki kualitas layanan TI, dan mengefektifkan pengunaan biaya untuk pengolaan TI. ITSM umumnya menangani masalah operasional manajemen teknologi informasi (kadang disebut operations architecturearsitektur operasi) dan bukan pada pengembangan teknologinya sendiri. Contohnya, proses pembuatan perangkat lunak komputer untuk dijual bukanlah fokus dari disiplin ini, melainkan sistem komputer yang digunakan oleh bagian pemasaran dan pengembangan bisnis di perusahaan perangkat lunak-lah yang merupakan fokus perhatiannya. Lalu apa itu Service Management? Service sendiri merupakan bagaimana mengantarkan value kepada customer dengan memfasilitasi keinginan atau harapan customer yang ingin dicapai. Jadi Service Management adalah satu set kemampuan dari suatu organisasi untuk menyediakan value kepada cutomernya dalam bentuk layanan.

aaa           Ada 5 Standar Manajemen Layanan Teknologi Informasi, diantaranya:
1.       Service Strategy - mengisyaratkan bahwa setiap organisasi semacam perusahaan harus memiliki sebuah Strategi Pelayanan yang menjadi panduan bagi setiap aktivitas “services” yang terjadi dalam perimeter organisasi. Secara prinsip,strategi ini berisi bagaimana cara dan mekanisme yang dianut serta perlu dilakukan oleh seluruh pemangku kepentinganorganisasi di dalam usahanya untuk memberikan layanan yang baik.
2.       Service Design - memperlihatkan bagaimana organisasi merancang ekosistem (infrastruktur dan superstruktur) teknologi informasi untuk memenuhi atau melayani para pemangku kepentingannya. Melalui desain ini, diharapkan tercipta suatu lingkungan kondusif bagi divisi teknologi informasi dalam memberikan layanan prima ke segenap individu, kelompok,dan unit/divisi pengguna pada organisasi.
3.       Service Transition - menggambarkan bagaimana organisasi bertransformasi atau menjalankan perubahan menujurancangan lingkungan pelayanan yang diinginkan. Tahapan transisi ini harus dikawal dengan sebaik-baiknya agar efektifdan tidak terjadi chaos.
4.       Service Operation - mendeskripsikan secara detail dan jelas mengenai inti dari rangkaian proses manajemen, yaitupengelolaan pelayanan itu sendiri pada tahap operasionalnya. Di sinilah para pelanggan internal maupun eksternal(pemangku kepentingan) akan mendapatkan langsung manfaat dari keberadaan teknologi informasi dan komunikasi.
5.       Service Improvement - mengingatkan perlunya dilakukan perbaikan berkesinambungan terus menerus darimasa ke masa. Hal ini tidak saja berarti bahwa organisasi yang bersangkutan senantiasa belajar dan selalu berkembangdari masa ke masa, namun mengandung makna bahwa organisasi selalu siap menghadapi berbagai perubahan karenadinamika global.  
    
       Contoh Manajemen Layanan Teknologi Informasi 
        

    e-Commerce dari Akulaku



a.       Service Strategi : Akulaku merupakan perusahaan Aplikasi kredit virtual finansial online. Kami di sini untuk mempermudah pembelanjaan konsumen dengan cara kredit, memungkinkan konsumen berbelanja apa saja di mana saja tanpa kekhawatiran cash flow. Visi kami adalah mewujudkan masyarakat cashless dengan cara kredit di pasar Asia Tenggara.
b.      Service Design : Aplikasi yang mudah digunakan ( User friendly), banyaknya pilihan  produk , waktu cicilan yang dapat di pilih 3,6,9,12 bulan, record data pembelian dan pembayaran tersedia, adanya fitur agen yang dapat penghasilan tambahan selain berbelanja, adanya fitur kredit poin sehingga makin bagus pembayaran maka limit kredit akan otomatis naik, belanja pulsa HP/Listrik tidak perlu keluar rumah cukup klik akulaku, adanya voucher Indomaret/Alfamaret yang jarang di temukan pada Aplikasi sejenis, kemudahan bertransaksi via mobile banking dan kartu kredit, indomaret, ATM.
ss


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Tools Tableau

Review Tools Tableau Tableau adalah salah satu   tools   wajib bagi seseorang yang banyak bekerja dengan data. Pada dasarnya, data dalam jumlah banyak akan sulit dimengerti oleh orang awam.  Oleh karena itu, kumpulan data tersebut harus diolah dan dirangkum agar mudah dimengerti.  Selain dimengerti oleh orang awam, data tersebut juga bisa digunakan oleh berbagai divisi untuk menciptakan atau mengembangkan sesuatu di perusahaan. Apa Itu Tableau? Dikutip dari interworks, Tableau adalah sebuah tools   yang dapat mempermudah pembuatan analisis visual interaktif dalam bentuk   dashboard. Adapun menurut Techtarget, Tableau adalah software   yang mendukung visualisasi data secara kolaboratif bagi seseorang yang bekerja dalam menganalisis informasi bisnis.  Dari dua pengertian di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa Tableau adalah software   yang bisa mengolah data menjadi sebuah visual yang menarik. Dengan begitu, kumpulan dat...

TUGAS Tentang Cinta Dan Kasih Sayang

Cinta dan Kasih Sayang Adalah Pilihan, Bukan Sekedar Perasaan Betapa banyak kita jumpai pernikahan yang langgeng bahagia smpai akhir usia, namun juga tidak jarang kita jumpai pernikahan yang hanya berlangsung sesaat saja. Tentu ada sangat banyak faktor yang membuat pernikahan bisa bertahan lama, sebagaimana banyak faktor yang membuat pernikahan berujung petaka. Salah satunya terletak pada dasar pondasi dalam membangun kehidupan berumah tangga. Apakah menikah dan berumah tangga semata-mata mendasarkan diri pada kata cinta, ataukah dengan pondasi taqwa. Bahwa jika menikah hanya mengandalkan rasa cinta, maka kehidupan pernikahan akan berada dalam suasana fluktuasi tingkat tinggi. Karena rasa cinta itu bercorak fluktuatif mudah datang dan mudah pergi. Maka hendaknya menikah dan hidup berumah tangga karena memiliki tujuan mulia dan motivasi yang tinggi. CInta dan Kasih Sayang Adalah Pilihan Salah satu pemahaman yang berkembang luas di tengah masyarakat adalah menganggap cinta dan kasi...

Spesifikasi dari Service and business Management System

Spesifikasi dari Service And Business Management System Service Portfolio Management. Service portfolio management  adalah sistem manajemen penting dalam ITIL yang memberikan pandangan tingkat manajemen dari semua layanan TI saat mereka bergerak melalui  service lifecycle . Manajemen portfilio ini memiliki tiga bagian, yaitu: Service pipeline  yang menyimpan informasi tentang layanan yang sedang dikembangkan. Service catalogue  yang berisi perincian semua layanan baik yang sudah dalam produksi atau siap untuk beralih ke produksi. Retired service  yang telah dihentikan dari penggunaan operasional. Service portfolio management  memberikan gambaran lengkap dari semua layanan yang sedang dikembangkan untuk pengiriman di masa mendatang, layanan yang masih berada dalam masa produksi, dan layanan yang telah berakhir pada waktu produktif mereka. Hal tersebut merupakan dasar untuk mengelola  full lifecycle  untuk semua layanan dalam hal persyaratan bisnis ...