Langsung ke konten utama

TUGAS Tentang Cinta Dan Kasih Sayang

Cinta dan Kasih Sayang Adalah Pilihan, Bukan Sekedar Perasaan


Betapa banyak kita jumpai pernikahan yang langgeng bahagia smpai akhir usia, namun juga tidak jarang kita jumpai pernikahan yang hanya berlangsung sesaat saja. Tentu ada sangat banyak faktor yang membuat pernikahan bisa bertahan lama, sebagaimana banyak faktor yang membuat pernikahan berujung petaka. Salah satunya terletak pada dasar pondasi dalam membangun kehidupan berumah tangga. Apakah menikah dan berumah tangga semata-mata mendasarkan diri pada kata cinta, ataukah dengan pondasi taqwa.
Bahwa jika menikah hanya mengandalkan rasa cinta, maka kehidupan pernikahan akan berada dalam suasana fluktuasi tingkat tinggi. Karena rasa cinta itu bercorak fluktuatif mudah datang dan mudah pergi. Maka hendaknya menikah dan hidup berumah tangga karena memiliki tujuan mulia dan motivasi yang tinggi.
CInta dan Kasih Sayang Adalah Pilihan
Salah satu pemahaman yang berkembang luas di tengah masyarakat adalah menganggap cinta dan kasih sayang semata-mata sebagai sebuah perasaan. Padahal cinta dan kasih sayang adalah sebuah pilihan, bukan sekedar perasaan. Jika suami atau istri menganggap cinta dan kasih sayang semata-mata hanyalah sebuah perasaan, maka mereka hanya akan berbuat baik dan mesra kepada pasangan apabila perasaan itu datang. Namun di saat perasaan itu hilang, maka mereka akan berlaku menjauh bahkan memusuhi pasangan.
Seharusnya suami dan istri memahami bahwa cinta dan kasih sayang adalah sebuah pilihan. Oleh karena itu, mereka akan selalu berusaha untuk memilih memberikan yang terbaik untuk pasangan, tidak dengan menunggu hadirnya perasaan cinta itu dalam diri mereka. Cinta yang dimaknai dalam bingkai pilihan, akan menjadi cinta yang aktif. Suami dan istri secara aktif memilih untuk melakukan hal terbaik untuk pasangan. Inilah cinta yang aktif. Bukan cinta yang pasif, dengan menunggu hadirnya rasa cinta dalam diri mereka.
Karakter cinta yang aktif bisa kita lihat dari teori segitiga cinta. Menurut Robert J Sternberg, ada tiga komponen penting dalam cinta, yaitu intimacy atau keintiman, passion atau gairah, dan commitment. Ketiga komponen cinta ini menghajatkan sikap aktif manusia. Dalam perpektif pernikahan, pasangan suami istri harus aktif untuk mewujudkan keintiman, aktif untuk mewujudkan gairah dan bersedia memberikan komitmen kebaikan untuk pasangan. Dengan demikian selalu ada usaha yang bercorak aktif dan dinamis, karena menyadari bahwa cinta dan kasih sayang adalah sebuah pilihan.
Jika cinta dan kasih sayang adalah pilihan, lalu bagaimana cara memiih? Seorang suami akan mengatakan, “Saya sadar sepenuhnya harus menjaga keutuhan dan keharmonisan keluarga. Saya sadar sepenuhnya harus menghadirkan kebahagiaan dalam keluarga. Oleh karena itu, saya memilih untuk memberikan cinta dan kasih sayang terbaik untuk istri dan anak-anak. Saya memilih untuk memiliki keintiman, gairah dan komitmen hanya kepada istri saya”.
Demikian pula, seorang istri akan mengatakan, “Saya sadar sepenuhnya harus menjaga keutuhan dan keharmonisan keluarga. Saya sadar sepenuhnya harus menghadirkan kebahagiaan dalam keluarga. Oleh karena itu, saya memilih untuk memberikan cinta dan kasih sayang terbaik untuk suami dan anak-anak. Saya memilih untuk memiliki keintiman, gairah dan komitmen hanya kepada suami saya”.
Inilah pilihan yang tepat, dan dengan demikian rumah tangga akan berjalan harmonis serta bahagia, bahkan penuh cinta. Karena suami dan istri telah memilih untuk memberikan hal terbaik bagi keluarga. Mereka tidak bersikap diam dan pasif, menunggu hadirnya rasa cinta. Justru mereka menyambut cinta dan kasih sayang dengan cara memilih.
Sikap Orang Bertaqwa
Karakter cinta sebagai sebuah pilihan, telah dinyatakan pula oleh para ulama terdahulu. Para ulama tidak memasukkan unsur cinta sebagai rukun nikah, atau syarat nikah. Cinta dan kasih sayang tidak termasuk komponen sakral yang diwajibkan keberadaannya sebagai sebuah syarat pernikahan. Berbeda dengan komponen lainnya, seperti saksi, wali, mahar, ucapan ijab kabul, dan lain sebagainya yang harus ada. Demikianlah sifat pernikahan orang bertaqwa, dimana mereka akan selalu memiliki pilihan yang tepat. Apakah rasa cinta itu tengah hadir atau tengah tiada, mereka akan tetap memiliki sikap yang tepat.
Ibnu Qutaibah ad-Dinawari menceritakan dalam kitab ‘Uyunul Akhbar, bahwa seseorang datang kepada al-Hasan al-Bashri untuk bertanya, “Saya memiliki seorang anak gadis, dan ia sudah dilamar orang. Kepada siapa saya harus menikahkannya?” Hasan Al Bashri menjawab, “Nikahkan dia dengan orang yang bertakwa kepada Allah. Jika orang itu mencintai putrimu, ia akan memuliakannya; dan jika ia membencinya, ia tidak akan menzhaliminya.”
Nasihat serupa juga pernah diucapkan oleh seorang ulama ketika menjawab pertanyaan yang sama
“Janganlah kamu menikahkan putrimu kecuali dengan laki-laki yang bertakwa. Karena jika dia mencintai istrinya maka akan memuliakannya dan jika tidak suka maka tidak akan mendzaliminya.”
Hanya orang bertaqwa yang bisa bersikap dengan tepat dalam kehidupan. Coba kita cermati nasehat para ulama di atas. Lelaki bertaqwa, ”jika dia mencintai istrinya maka akan memuliakannya dan jika tidak suka maka tidak akan mendzaliminya”. Lelaki bertaqwa tidak bersikap pasif menunggu datangnya rasa cinta untuk melakukan hal terbaik terhadap sang istri. Apakah dalam kehidupan berumah tangga akan selalu hadir cinta atau tidak, namun ia selalu memilih untuk melakukan dan memberikan hal terbaik bagi sang istri.
Tentu saja sikap serupa akan dimiliki oleh perempuan bertaqwa. Dalam hidup berumah tangga, perempuan bertaqwa, ”jika dia mencintai suaminya maka akan memuliakannya dan jika tidak suka maka tidak akan mendzaliminya”. Betapa indah hidup berumah tangga apabila suami dan istri adalah orang-orang bertaqwa. Meeka bisa bersikap dan memilih yang benar dan tepat untuk kebahagiaan hidup berumah tangga. Tidak dengan menunggu hadirnya rasa cinta, namun dengan aktif memilih untuk selalu melakukan hal terbaik bagi keluarga.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Masalah Kebudayaan

Hingga saat ini, boleh dikatakan bahwa Massyarakat belum punya konsep kebudayaan yang matang dan utuh berkaitan dengan Indonesia dan ke-Indonesiaan.          Kebudayaan menjadi sesuatu yang agak asing dalam kajian Massyarakat saat ini. Hal itu disebabkan, secara sederhana, kebudayaan hanya dikenali dalam wujud lagu, tarian, adat istiadat dalam pernikahan atau kepercayaan terhadap takhayul. Secara umum, kebudayaan adalah hasil cipta, rasa, dan karsa manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Kebudayaan itu berarti mencakup seluruh aspek di dalam kehidupan manusia, hasil berfikir untuk memahami sekelilingnya dan memenuhi kebutuhannya, baik lahir maupun batin. Kebudayaan adalah nilai-nilai yang perlu terus menerus diwariskan dan dijaga dari generasi ke generasi agar manusia tak kehilangan akar dirinya. Persoalan mengenai kebudayaan Indonesia sebetulnya menarik dan penting untuk dibahas. Ini sangat berkaitan dengan jati diri dan kekukuhan kita dalam menghadapi berbagai tantangan.

Perbedaan Beserta Kekurangan dan Kelebihan Dari Metode-Metode Perancangan Sistem Informasi

  Setiap metodologi berusaha untuk memastikan bahwa software yang dikembangkan sesuai dengan requirement yang dibutuhkan. Setiap metode yang ada memiliki value proposition sendiri dan kelebihan serta kekurangannya masing-masing. Model Waterfall Waterfall adalah metode paling tua dalam pengembangan software. Secara substansi ia mensimplifikasi proses software engineering ke dalam diagram proses yang linear dimana penyelesaian dari task sebelumnya sangat penting bagi pengembang untuk bisa mengerjakan pekerjaan yang lain. a.         Keunggulan -   Mudah dimengerti, sehingga baik digunakan oleh pemula -    Mudah untuk di-manage karena setiap fase memiliki deliverables nya masing-masing dan proses review -    Cepat untuk diimplementasi untuk proyek dengan skala kecil dimana requirement dapat dimengerti dengan baik -    Desain yang sederhana membuatnya mudah untuk di testing dan dianalisis   b.        Kelemahan -   Metode ini hanya cocok untuk proyek dengan requirement yang sudah sangat jela

Pemahaman tentang vrius dan cara mengatasi.

Hy.. guyz…. Mungkin loe loe pada udah tau bahwa gangguan pada komputer nga aja disebabkan oleh kerusakan atau kesalahan teknis pada hardware ataupun pada software. Mungkin Loe loe pada udah tau dengan yang namanya Virus.. :D :D Mungkin sebaiknya kita mulai aja membahasnya…. Okeyy Asal Mula Virus Pertama kali istilah “virus” digunakan oleh Fred Cohen pada tahun 1984 di Amerika Serikat. Virus komputer dinamakan “virus” karena memiliki beberapa persamaan mendasar dengan virus pada istilah kedokteran (biological viruses). Virus komputer bisa diartikan sebagai suatu program komputer biasa. Tetapi memiliki perbedaan yang mendasar dengan program-program lainnya,yaitu virus dibuat untuk menulari program-program lainnya, mengubah, memanipulasinya bahkan sampai merusaknya. Ada yang perlu dicatat disini, virus hanya akan menulari apabila program pemicu atau program yang telah terinfeksi tadi dieksekusi, disinilah perbedaannya dengan “worm”. Mungkin kita tidak akan membahas tentang worm, karena da