Langsung ke konten utama

Tulisan dari rangkuman dan pembahasan presentasi kelompok ke 2

 Manajemen pelayanan adalah seperangkat kemampuan organisasi khusus untuk memberikan hasil kepada pelanggan dalam bentuk layanan. “Kemampuan Khusus Organisasi” ini meliputi proses, kegiatan, fungsi dan peran yang menggunakan penyedia layanan dalam memberikan layanan kepada pelanggan mereka, serta kemampuan untuk membangun struktur organisasi yang cocok, mengelola pengetahuan dan memahami bagaimana memfasilitasi hasil yang menciptakan nilai. Meskipun tidak ada definisi tunggal profesi, profesi diterima secara luas bahwa kata profesi berlaku di mana sekelompok orang berbagi standar umum dan disiplin berdasarkan tingkat tinggi pengetahuan dan keterampilan, yang diperoleh dari skema pendidikan terorganisir didukung oleh pelatihan melalui pengalaman dan diukur dan diakui melalui kualifikasi formal. Selain itu, profesi berusaha untuk menggunakan pengaruhnya melalui pengembangan pedoman praktik yang baik dan saran dalam rangka meningkatkan standar kinerja di bidang yang diberikan.

Manajemen layanan bisa dimasukan ke dalam kategori ITSM (IT Service Management). Dimana, ITSM berfokus pada proses dan karenanya terkait dan memiliki minat yang sama dengan kerangka kerja dan metodologi gerakan perbaikan proses seperti Business Process Management. Disiplin ini tidak memedulikan detail penggunaan produk suatu pemasok tertentu atau detail teknis suatu sistem yang dikelola, melainkan berfokus pada upaya penyediaan 2 kerangka.kerja untuk menstrukturkan aktivitas yang terkait dengan TI dan interaksi antara personel teknis TI dengan pengguna teknologi informasi.

  1. Spesifikasi  Layanan dan Model Bisnis Manejemen Layanan Sistem Informasi

  1. Pengertian Manajemen Layanan Sistem Informasi (MLSI)

MLSI adalah manajemen yang melakukan atau melaksanakan pelayanan dalam suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.


2.Layanan yang Dilakukan oleh Manajemen Layanan Sistem Informasi

  • Mendukung Operasional Bisnis.

Manajemen layanan sistem informasi menyediakan dukungan dalam operasional bisnis seperti akuntansi hingga penelusuran pesanan pelanggan maupun kegiatan-kegiatan bisnis yang dilakukan sehari-hari.


  • Mendukung Keunggulan Strategis.

Sistem informasi yang dirancang sedemikian rupa dapat membantu mencapai sasaran mencapai sasaran yang dapat membantu bersaing dengan perusahan-perusahaan lainnya.


  • Perencanaan Strategi Perusahaan dan Kebijakan

Untuk mengetahui selera konsumen serta peluang pasar.


  • Meningkatkan Aksebilitas Data

Data dapat diakses secara cepat dan on-time dan akurat bagi pemakainya.



1. B2C (Business to Consument)

B2C adalah kegiatan e-business dalam pelayanan secara  langsung kepada konsumen melalui barang atau jasa.

Contoh dari Website E-Commerse B2C adalah :

-  Giestore Aksesoris (Giestore.com)

2. B2B (Business to Business)

B2B adalah transaksi secara elektronik antara objek bisnis yang satu dengan objek bisnis lainnya.

B2B disebut juga transaksi antar perusahaan. Transaksinya menggunakan EDI (Elektronikm data Interchange)

dan email untuk pembelian barang dan jasa.

Contoh website E-commerce B2B adalah :

-  PT Krakatau Steel (www.krakatausteel.com)

3. C2C (Consumer to Consumer)

C2C adalah Sistem komunikasi bisnis antar pelaku bisnis atau transaksi antar konsumen

untuk memenuhi kebutuhan tertentu dan pada saat tertentu. C2C merupakan model e-commerce

yang telah menjamur di Indonesia.  

Contoh Dari Website C2C adalah :

-  Carmudi (carmudi.co.id)

4. C2B (Consumer to Business)

C2B adalah jenis e-commerce dengan pembalikan utuh dari transaksi pertukaran

atau jual beli barang secara tradisional, meliputi individu yang menjual produk atau jasa

kepada organisasi, serta individu yang mencari penjual, berinteraksi dengan penjual tersebut,

dan melakukan transaksi. 

Contoh C2B  Yaitu :

- Google Play (http://play.google.com/)

5. G2B (Goverment to Business)

G2B adalah suatu bentuk kerjasama antara pemerintah dengan para pelaku

bisnis/sektor bisnis dengan menggunakan interaksi secara online.

Contoh : Pajak perseroan, Peluang Bisnis

6. B2G (Bussiness to Government)

B2G sama dengan B2B disebut sebagai definisi pasar “pemasaran sektor publik”

yang mencakup pemasaran produk dan jasa untuk instansi pemerintah melalui teknik

Contoh:

http://www.businessofgovernment.org/

IBM Center for the Business of Government menghubungkan penelitian manajemen publik dengan praktek.

7. G2G (Government to Governments)

Di era globalisasi ini terlihat jelas adanya kebutuhan bagi negara-negara untuk saling berkomunikasi secara lebih intens dari hari ke hari.

Contohnya G2C : Pajak online, mencari Pekerjaan, Layanan Jaminan sosial, Dokumen pribadi (Kelahiran dan Akte perkawinan, Aplikasi Paspor, Lisensi Pengarah), Layanan imigrasi, Layanan kesehatan, Beasiswa, penanggulangan bencana.


Struktur Standar ISO/IEC 20000

Kerangka dari ISO/IEC 20000 terdiri dari dua bagian yaitu : spesifikasi untuk manajemen layanan TI dan aturan pelaksanaan untuk manajemen layanan.

  • Pertama adalah ISO 20000-1, bagian ini memaparkan mengenai penggunaan pendekatan proses terintegrasi untuk layanan terkelola sesuai kebutuhan bisnis dan pelanggan secara efektif.

  • Bagian kedua, ISO 20000-2, bagian ini menjelaskan mengenai suatu aturan pelaksanaan dan penjelasan untuk manajemen layanan didalam lingkup ISO 20000-1.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Tools Tableau

Review Tools Tableau Tableau adalah salah satu   tools   wajib bagi seseorang yang banyak bekerja dengan data. Pada dasarnya, data dalam jumlah banyak akan sulit dimengerti oleh orang awam.  Oleh karena itu, kumpulan data tersebut harus diolah dan dirangkum agar mudah dimengerti.  Selain dimengerti oleh orang awam, data tersebut juga bisa digunakan oleh berbagai divisi untuk menciptakan atau mengembangkan sesuatu di perusahaan. Apa Itu Tableau? Dikutip dari interworks, Tableau adalah sebuah tools   yang dapat mempermudah pembuatan analisis visual interaktif dalam bentuk   dashboard. Adapun menurut Techtarget, Tableau adalah software   yang mendukung visualisasi data secara kolaboratif bagi seseorang yang bekerja dalam menganalisis informasi bisnis.  Dari dua pengertian di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa Tableau adalah software   yang bisa mengolah data menjadi sebuah visual yang menarik. Dengan begitu, kumpulan dat...

Menjelaskan terkait konsep ITSM, layanan-layanan ITSM, Siklus hidup layanan (Proses, Fungsi dan Peran) pada ITSM

Menjelaskan terkait konsep ITSM, layanan-layanan ITSM, Siklus hidup layanan (Proses, Fungsi dan Peran) pada ITSM     IT Service Management (ITSM) Adalah suatu metode pengolahan aktivasi tekologi informasi yang fokus memberi layanan prima kepada para pengguna atau pelayan nya. Tujuan utama ITSM adalah menyelaraskan layanan IT dengan pengguna, memperbaiki kualitas layanan TI, dan mengefektifkan pengunaan biaya untuk pengolaan TI.  ITSM umu mnya menangani masalah operasional manajemen teknologi informasi (kadang disebut  operations architecture ,  arsitektur operasi ) da n bukan pada pengembangan teknologinya sendiri. Contohnya, proses pembuatan  perangkat lunak  komputer untuk dijual bukanlah fokus dari disiplin ini, melainkan sistem komputer yang digunakan oleh bagian pemasaran dan pengembangan bisnis di perusahaan perangkat lunak-lah yang merupakan fokus perhatiannya.  Lalu apa itu   Service Management?   Service   sendiri merupakan...

Menceritakan Tentang Diri Sendiri

UNIVERSITAS GUNADARMA Nama saya Swinton Exaudi Pasaribu lahir di Parsoburan 18 Agustus 2001 , saya anak ke enam dari delapan bersaudara. Saat ini saya kuliah di universitas Gunadarma jurusan sistem informasi semester 1 (awal). Sebelumnya saya pernah bersekolah di SD Swasta ST.Pius Parsoburan saya pernah menjadi pembawa bendera pada saat sekolah dasar. Setelah lulus saya melanjutkan sekolah ke SMP Negeri Parsoburan. Setelah lulus dari SMP saya melanjukan sekolah ke SMK Yapim Balige dengan jurusan TKJ (Teknik komputer Jaringan. Cita-cita saya adalah menjadi pengusaha yang sukses karena dengan menjadi pengusaha saya bisa membuka lowongan pekerja sehingga dapat mengurangi jumlah pengangguran yang ada. Selain itu dengan menjadi pengusaha saya juga tidak harus selalu dituntut dengan pekerjaan yang biasa nya dialami oleh pekerja-pekerja pada umumnya.  Kelebihan yang saya ketahui tentang diri saya adalah mau belajar hal-hal baru yang mungkin selama ini saya belum kuasai. Kek...