Langsung ke konten utama

Tulisan dari rangkuman dan pembahasan presentasi kelompok ke 2

 Manajemen pelayanan adalah seperangkat kemampuan organisasi khusus untuk memberikan hasil kepada pelanggan dalam bentuk layanan. “Kemampuan Khusus Organisasi” ini meliputi proses, kegiatan, fungsi dan peran yang menggunakan penyedia layanan dalam memberikan layanan kepada pelanggan mereka, serta kemampuan untuk membangun struktur organisasi yang cocok, mengelola pengetahuan dan memahami bagaimana memfasilitasi hasil yang menciptakan nilai. Meskipun tidak ada definisi tunggal profesi, profesi diterima secara luas bahwa kata profesi berlaku di mana sekelompok orang berbagi standar umum dan disiplin berdasarkan tingkat tinggi pengetahuan dan keterampilan, yang diperoleh dari skema pendidikan terorganisir didukung oleh pelatihan melalui pengalaman dan diukur dan diakui melalui kualifikasi formal. Selain itu, profesi berusaha untuk menggunakan pengaruhnya melalui pengembangan pedoman praktik yang baik dan saran dalam rangka meningkatkan standar kinerja di bidang yang diberikan.

Manajemen layanan bisa dimasukan ke dalam kategori ITSM (IT Service Management). Dimana, ITSM berfokus pada proses dan karenanya terkait dan memiliki minat yang sama dengan kerangka kerja dan metodologi gerakan perbaikan proses seperti Business Process Management. Disiplin ini tidak memedulikan detail penggunaan produk suatu pemasok tertentu atau detail teknis suatu sistem yang dikelola, melainkan berfokus pada upaya penyediaan 2 kerangka.kerja untuk menstrukturkan aktivitas yang terkait dengan TI dan interaksi antara personel teknis TI dengan pengguna teknologi informasi.

  1. Spesifikasi  Layanan dan Model Bisnis Manejemen Layanan Sistem Informasi

  1. Pengertian Manajemen Layanan Sistem Informasi (MLSI)

MLSI adalah manajemen yang melakukan atau melaksanakan pelayanan dalam suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.


2.Layanan yang Dilakukan oleh Manajemen Layanan Sistem Informasi

  • Mendukung Operasional Bisnis.

Manajemen layanan sistem informasi menyediakan dukungan dalam operasional bisnis seperti akuntansi hingga penelusuran pesanan pelanggan maupun kegiatan-kegiatan bisnis yang dilakukan sehari-hari.


  • Mendukung Keunggulan Strategis.

Sistem informasi yang dirancang sedemikian rupa dapat membantu mencapai sasaran mencapai sasaran yang dapat membantu bersaing dengan perusahan-perusahaan lainnya.


  • Perencanaan Strategi Perusahaan dan Kebijakan

Untuk mengetahui selera konsumen serta peluang pasar.


  • Meningkatkan Aksebilitas Data

Data dapat diakses secara cepat dan on-time dan akurat bagi pemakainya.



1. B2C (Business to Consument)

B2C adalah kegiatan e-business dalam pelayanan secara  langsung kepada konsumen melalui barang atau jasa.

Contoh dari Website E-Commerse B2C adalah :

-  Giestore Aksesoris (Giestore.com)

2. B2B (Business to Business)

B2B adalah transaksi secara elektronik antara objek bisnis yang satu dengan objek bisnis lainnya.

B2B disebut juga transaksi antar perusahaan. Transaksinya menggunakan EDI (Elektronikm data Interchange)

dan email untuk pembelian barang dan jasa.

Contoh website E-commerce B2B adalah :

-  PT Krakatau Steel (www.krakatausteel.com)

3. C2C (Consumer to Consumer)

C2C adalah Sistem komunikasi bisnis antar pelaku bisnis atau transaksi antar konsumen

untuk memenuhi kebutuhan tertentu dan pada saat tertentu. C2C merupakan model e-commerce

yang telah menjamur di Indonesia.  

Contoh Dari Website C2C adalah :

-  Carmudi (carmudi.co.id)

4. C2B (Consumer to Business)

C2B adalah jenis e-commerce dengan pembalikan utuh dari transaksi pertukaran

atau jual beli barang secara tradisional, meliputi individu yang menjual produk atau jasa

kepada organisasi, serta individu yang mencari penjual, berinteraksi dengan penjual tersebut,

dan melakukan transaksi. 

Contoh C2B  Yaitu :

- Google Play (http://play.google.com/)

5. G2B (Goverment to Business)

G2B adalah suatu bentuk kerjasama antara pemerintah dengan para pelaku

bisnis/sektor bisnis dengan menggunakan interaksi secara online.

Contoh : Pajak perseroan, Peluang Bisnis

6. B2G (Bussiness to Government)

B2G sama dengan B2B disebut sebagai definisi pasar “pemasaran sektor publik”

yang mencakup pemasaran produk dan jasa untuk instansi pemerintah melalui teknik

Contoh:

http://www.businessofgovernment.org/

IBM Center for the Business of Government menghubungkan penelitian manajemen publik dengan praktek.

7. G2G (Government to Governments)

Di era globalisasi ini terlihat jelas adanya kebutuhan bagi negara-negara untuk saling berkomunikasi secara lebih intens dari hari ke hari.

Contohnya G2C : Pajak online, mencari Pekerjaan, Layanan Jaminan sosial, Dokumen pribadi (Kelahiran dan Akte perkawinan, Aplikasi Paspor, Lisensi Pengarah), Layanan imigrasi, Layanan kesehatan, Beasiswa, penanggulangan bencana.


Struktur Standar ISO/IEC 20000

Kerangka dari ISO/IEC 20000 terdiri dari dua bagian yaitu : spesifikasi untuk manajemen layanan TI dan aturan pelaksanaan untuk manajemen layanan.

  • Pertama adalah ISO 20000-1, bagian ini memaparkan mengenai penggunaan pendekatan proses terintegrasi untuk layanan terkelola sesuai kebutuhan bisnis dan pelanggan secara efektif.

  • Bagian kedua, ISO 20000-2, bagian ini menjelaskan mengenai suatu aturan pelaksanaan dan penjelasan untuk manajemen layanan didalam lingkup ISO 20000-1.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Tools Tableau

Review Tools Tableau Tableau adalah salah satu   tools   wajib bagi seseorang yang banyak bekerja dengan data. Pada dasarnya, data dalam jumlah banyak akan sulit dimengerti oleh orang awam.  Oleh karena itu, kumpulan data tersebut harus diolah dan dirangkum agar mudah dimengerti.  Selain dimengerti oleh orang awam, data tersebut juga bisa digunakan oleh berbagai divisi untuk menciptakan atau mengembangkan sesuatu di perusahaan. Apa Itu Tableau? Dikutip dari interworks, Tableau adalah sebuah tools   yang dapat mempermudah pembuatan analisis visual interaktif dalam bentuk   dashboard. Adapun menurut Techtarget, Tableau adalah software   yang mendukung visualisasi data secara kolaboratif bagi seseorang yang bekerja dalam menganalisis informasi bisnis.  Dari dua pengertian di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa Tableau adalah software   yang bisa mengolah data menjadi sebuah visual yang menarik. Dengan begitu, kumpulan dat...

TUGAS Tentang Cinta Dan Kasih Sayang

Cinta dan Kasih Sayang Adalah Pilihan, Bukan Sekedar Perasaan Betapa banyak kita jumpai pernikahan yang langgeng bahagia smpai akhir usia, namun juga tidak jarang kita jumpai pernikahan yang hanya berlangsung sesaat saja. Tentu ada sangat banyak faktor yang membuat pernikahan bisa bertahan lama, sebagaimana banyak faktor yang membuat pernikahan berujung petaka. Salah satunya terletak pada dasar pondasi dalam membangun kehidupan berumah tangga. Apakah menikah dan berumah tangga semata-mata mendasarkan diri pada kata cinta, ataukah dengan pondasi taqwa. Bahwa jika menikah hanya mengandalkan rasa cinta, maka kehidupan pernikahan akan berada dalam suasana fluktuasi tingkat tinggi. Karena rasa cinta itu bercorak fluktuatif mudah datang dan mudah pergi. Maka hendaknya menikah dan hidup berumah tangga karena memiliki tujuan mulia dan motivasi yang tinggi. CInta dan Kasih Sayang Adalah Pilihan Salah satu pemahaman yang berkembang luas di tengah masyarakat adalah menganggap cinta dan kasi...

Spesifikasi dari Service and business Management System

Spesifikasi dari Service And Business Management System Service Portfolio Management. Service portfolio management  adalah sistem manajemen penting dalam ITIL yang memberikan pandangan tingkat manajemen dari semua layanan TI saat mereka bergerak melalui  service lifecycle . Manajemen portfilio ini memiliki tiga bagian, yaitu: Service pipeline  yang menyimpan informasi tentang layanan yang sedang dikembangkan. Service catalogue  yang berisi perincian semua layanan baik yang sudah dalam produksi atau siap untuk beralih ke produksi. Retired service  yang telah dihentikan dari penggunaan operasional. Service portfolio management  memberikan gambaran lengkap dari semua layanan yang sedang dikembangkan untuk pengiriman di masa mendatang, layanan yang masih berada dalam masa produksi, dan layanan yang telah berakhir pada waktu produktif mereka. Hal tersebut merupakan dasar untuk mengelola  full lifecycle  untuk semua layanan dalam hal persyaratan bisnis ...