Langsung ke konten utama

Perbedaan Beserta Kekurangan dan Kelebihan Dari Metode-Metode Perancangan Sistem Informasi

 Setiap metodologi berusaha untuk memastikan bahwa software yang dikembangkan sesuai dengan requirement yang dibutuhkan. Setiap metode yang ada memiliki value proposition sendiri dan kelebihan serta kekurangannya masing-masing.

Model Waterfall

Waterfall adalah metode paling tua dalam pengembangan software. Secara substansi ia mensimplifikasi proses software engineering ke dalam diagram proses yang linear dimana penyelesaian dari task sebelumnya sangat penting bagi pengembang untuk bisa mengerjakan pekerjaan yang lain.


a.       Keunggulan

-  Mudah dimengerti, sehingga baik digunakan oleh pemula

-  Mudah untuk di-manage karena setiap fase memiliki deliverables nya masing-masing dan proses review

-  Cepat untuk diimplementasi untuk proyek dengan skala kecil dimana requirement dapat dimengerti dengan baik

-  Desain yang sederhana membuatnya mudah untuk di testing dan dianalisis

 

b.      Kelemahan

-  Metode ini hanya cocok untuk proyek dengan requirement yang sudah sangat jelas dengan detail requirement yang 

   bisa disampaikan di awal

-  Metode ini tidak cocok untuk proyek maintenance atau proyek jangka panjang

-  Tidak fleksibel: ketika aplikasi di launch, tidak memungkinkan untuk memodifikasi atau merubah sistem yang dibuat

-  Tidak bisa membuat software yang lain sampai seluruh proses waterfall selesai 


Metode Agile Software Development

Agile fokus pada perencanaan yang adaptif, evolutionary development, dan improvement yang berkelanjutan melalui respon yang fleksibel terhadap perubahan. Tujuan akhir dari metode ini adalah release yang lebih cepat dengan risiko bugs/issue yang lebih sedikit.


a.       Keunggulan

-  Pendekatan yang adaptif sehingga dapat merespon perubahan requirement dengan sangat cepat dan efisien

-  Feedback yang berkesinambungan akan meminimalisir risiko dengan signifikan

-  Komunikasi yang berkelanjutan meningkatkan transparansi antara klien dan tim development

-  Fokus pada pengerjaan software, sehingga tidak perlu terlalu khawatir pada dokumentasi


b.      Kekurangan:

-  Scope pengerjaan yang bisa berubah kapanpun dapat menyebabkan kurangnya fokus dari tim development dan

   menyebabkan isu jika brief yang diberikan tidak jelas

-  Kurangnya dokumentasi dana meningkatkan risiko miscommunication

 Metode Prototype 

Model ini mendukung developer untuk membuat prototype sehingga mereka bisa mendemonstrasikan fungsionalitas softwarenya kepada klien dan membuat modifikasi berdasarkan feedback yang diberikan. Metode ini mirip dengan membuat MVP, kita menciptakan versi pre-develop dulu sebelum menginvestasikan waktu dan uang untuk menciptakan produk yang lebih lengkap.


a.       Keunggulan

-  Dengan metode ini, kita bisa memberikan klien experience yang lebih awal untuk software yang akan digunakan dan

   memperbaiki serta melengkapinya dengan feedback yang diberikan klien

-  Karena kita telah mengidentifikasi risiko dan isu yang mungkin terjadi di awal, kita juga dapat mengurangi risiko

   kegagalan

-  Komunikasi antara klien dan tim pengembang yang intens akan memperkuat hubungan antara kedua belah pihak


b.      Kelemahan

- Prototyping cukup mahal. Disisi lain, prototyping dapat mengurangi risiko, sehingga kita dapat meminimalisir potensi

  budget terbuang di-awal waktu

Pelibatan di awal dengan klien bisa saja menjadi hal yang buruk, mereka mungkin akan terlalu banyak ikut campur dan

  meminta banyak perubahan tanpa sepenuhnya memahami proyek secara keseluruhan

- Terlalu banyak modifikasi akan mengganggu workflow dari tim development

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Masalah Kebudayaan

Hingga saat ini, boleh dikatakan bahwa Massyarakat belum punya konsep kebudayaan yang matang dan utuh berkaitan dengan Indonesia dan ke-Indonesiaan.          Kebudayaan menjadi sesuatu yang agak asing dalam kajian Massyarakat saat ini. Hal itu disebabkan, secara sederhana, kebudayaan hanya dikenali dalam wujud lagu, tarian, adat istiadat dalam pernikahan atau kepercayaan terhadap takhayul. Secara umum, kebudayaan adalah hasil cipta, rasa, dan karsa manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Kebudayaan itu berarti mencakup seluruh aspek di dalam kehidupan manusia, hasil berfikir untuk memahami sekelilingnya dan memenuhi kebutuhannya, baik lahir maupun batin. Kebudayaan adalah nilai-nilai yang perlu terus menerus diwariskan dan dijaga dari generasi ke generasi agar manusia tak kehilangan akar dirinya. Persoalan mengenai kebudayaan Indonesia sebetulnya menarik dan penting untuk dibahas. Ini sangat berkaitan dengan jati diri dan kekukuhan kita dalam menghadapi berbagai tantangan.

Pemahaman tentang vrius dan cara mengatasi.

Hy.. guyz…. Mungkin loe loe pada udah tau bahwa gangguan pada komputer nga aja disebabkan oleh kerusakan atau kesalahan teknis pada hardware ataupun pada software. Mungkin Loe loe pada udah tau dengan yang namanya Virus.. :D :D Mungkin sebaiknya kita mulai aja membahasnya…. Okeyy Asal Mula Virus Pertama kali istilah “virus” digunakan oleh Fred Cohen pada tahun 1984 di Amerika Serikat. Virus komputer dinamakan “virus” karena memiliki beberapa persamaan mendasar dengan virus pada istilah kedokteran (biological viruses). Virus komputer bisa diartikan sebagai suatu program komputer biasa. Tetapi memiliki perbedaan yang mendasar dengan program-program lainnya,yaitu virus dibuat untuk menulari program-program lainnya, mengubah, memanipulasinya bahkan sampai merusaknya. Ada yang perlu dicatat disini, virus hanya akan menulari apabila program pemicu atau program yang telah terinfeksi tadi dieksekusi, disinilah perbedaannya dengan “worm”. Mungkin kita tidak akan membahas tentang worm, karena da